SAPI WAGYU INDONESIA SIAP PENUHI PASAR DAGING PREMIUM PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Thursday, 05 November 2020 10:25
BOGOR, Minggu 18 Oktober 2020. Di kalangan menengah ke atas, citarasa daging premiun dari sapi wagyu tentu saja berbeda daripada daging sapi potong lainnya. Melihat permintaan pasar yang semakin besar, tentu saja kebutuhan akan daging sapi jenis Wagyu ini sangat dinantikan bisa diproduksi di dalam negeri.
 
"Intinya kami (Kementerian Pertanian) terus berupaya menyediakan kemudahan bagi masyarakat yang ingin daging berkualitas premium, salah satunya sapi Wagyu ini," ujar Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah ketika bercerita tentang dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) tentang pelepasan introduksi rumpun sapi Wagyu.
 
Nasrullah mengungkapkan, kebutuhan daging di Indonesia saat ini masih sekitar 90% untuk memenuhi permintaan pasar basah, sedangkan untuk memenuhi daging sapi premium seperti Wagyu masih diimpor dari Amerika, Jepang dan Australia.
 
Untuk itu, ia berharap masyarakat bisa membudidayakan sapi Wagyu ini. "Wagyu ini memiliki bobot lahir yang relatif kecil kurang lebih 30 sampai 40 kg. Nah ini membuat sapi Wagyu tidak mengalami kesulitan dalam proses kelahiran, sehingga memudahkan masyarakat untuk membudidayakan sapi Wagyu," papar dia.
 
Diketahui, sapi Wagyu memang menjadi primadona di antara beberapa sapi jenis daging sapi lainnya. Dari karakteristik, Sapi Wagyu memiliki beberapa kelebihan. Misalnya, sapi Wagyu dikenal merupakan sapi yang tenang dan tidak temperamental. Sapi wagyu juga merupakan sapi yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi iklim yang berbeda.
 
Berat lahir rendah dengan kisararan 30-40 kg juga membuat Sapi Wagyu ini mudah dalam proses melahirkan. Sapi wagyu dikenal sangat subur, sapi betina bisa mencapai dewasa sebelum usia dua belas bulan. Sapi jantan dapat melayani betina 50 persen lebih banyak daripada kebanyakan breed lainnya.
 
"Sapi wagyu juga memiliki kemampuan untuk mengkonversi pakan gandum atau hijauan menjadi daging sapi yang unggul. Jadi banyak kelebihan yang dimiliki sapi wagyu ini memang," terang Nasrullah.
 
Salah satu ciri dari daging sapi Wagyu ialah mempunyai pola marbling halus yang melimpah pada dagingnya dan didistribusikan secara merata ke seluruh otot. Daging Wagyu memiliki kandungan asam lemak shomifuri yang kaya akan Omega-3 yang mengandung kolestrol baik dan bagus untuk jantung. (AF)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday571
mod_vvisit_counterYesterday2376
mod_vvisit_counterThis week2947
mod_vvisit_counterThis month72605
mod_vvisit_counterAll6254349