FAO Kunjungan Lapangan Cegah Virus Flu Burung di Indonesia PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Monday, 05 October 2015 14:57
Jakarta, 11 September 2015. Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) akan berkunjung ke beberapa lokasi peternakan unggas di Jawa Tengah 15-17 September 2015. FAO akan memberikan melakukan kunjungan lapangan terkait pencegahan dan pengendalian flu burung di daerah tersebut.

Team Leader dari FAO ECTAD James Mc Grane mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan ribuan petugas kesehatan di 31 provinsi. FAO ingin mengetahui sejauh mana proses pencegahan flu burung sudah berjalan di Indonesia.

"Strategi kita yaitu menyempurnakan monev (monitoring dan evaluasi) untuk mengendalikan avian influenza dan menggunakan strategi HPAI untuk mendukung pemda untuk mengevaluasi sebaik apa usaha mereka sejauh ini," ujar Mc Grane saat menghadiri media briefing di Kementerian Pertanian, Jl Harsono RM, Jakarta Selatan, Jumat (10/9/2015).

Sebanyak 2.756 petugas kesehatan hewan di seluruh Indonsia telah berhasil dilatih mengenai surveilan dan respon penyakit terkait flu burung. Program ini disebut program Pengendalian Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) di tingkat desa, industri unggas, dan di sepanjang rantai pasar unggas.

"Meski kasus manusia sudah sangat menurun, tapi virus masih mempengaruhi unggas dan menyebabkan kerugian pada sektor perunggasan," terang Mc Grey. "Tujuan utama program ini menjaga kesehatan manusia, tidak hanya untuk ketahanan pangan dan mendukung produksi unggas," lanjutnya.

Selain peningkatan kapasitas SDM, juga diberikan pelatihan bagaimana untuk melakukan biosekuriti dan vaksinasi. Dikarenakan di Indonesia banyak sekali peternakan rakyat, maka standar bisekuriti dimodifikasi menjadi biosekuriti 3 zona.

"Biosekuriti 3 zona secara efektif memenuhi tujuan biosekuriti, yaitu mencegah kumam menginfeksi inangnya," jelas National Technical Advisor FAO Erry Setiawan.****(rna/faj) (http://us.news.detik.com)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday136
mod_vvisit_counterYesterday2411
mod_vvisit_counterThis week12500
mod_vvisit_counterThis month49303
mod_vvisit_counterAll6231047