NOVINDO DAN ADDCON GELAR SEMINAR FEED HYGIENE YANG BEBAS AGP PDF Print E-mail
Written by sekretariat   
Tuesday, 24 April 2018 10:25
TANGERANG, Jumat 16 Maret 2018. Memasuki Era perunggasan tanpa AGP, memang harus dilakukan dengan beberapa kiat dan persiapan khusus agar tidak mempengaruhi produktivitas ternak yang dibudidayakan. Maka, edukasi peternak mengenai solusi yang aplikatif untuk menghadapi era tanpa AGP, merupakan salah satu kunci untuk menghindari penurunan produksi.
 
Maka dari itu, PT Novindo Agritech Hutama dan Addcon memberikan edukasi bagi para peternak dalam menghadapi era perunggasan tanpa AGP. Bertempat di Serpong Tangerang Selatan (3/16), kedua perusahaan ini berkolaborasi menyelenggarakan seminar yang bertajuk "Feed Hygiene for Better Animal Performance in Non AGP Era".
 
Menurut pemaparan Budi Tangendjadja selaku peneliti dari Balai Penelitian Ternak Ciawi Bogor menyatakan bahwa penyakit harus dilawan dengan cara memutus siklus kehidupan penyakit tersebut. "Salah satu prinsip melawan penyakit adalah dengan memotong siklus kehidupan penyakit tersebut dengan cara melakukan sanitasi dan kosong kandang dengan cara yang benar," ujar Budi.
 
Sementara itu Stevan Petrovic dari Addcon GmbH Germany menjelaskan soal manfaat asam formic untuk meningkatkan kualitas pakan. Menurutnya ada alternatif penggunaan bahan lain selain antibiotik yang dapat memicu munculnya bakteri resistensi terhadap AGP. Diantaranya adalah probiotik, prebiotik, essential oils, ekstrak tanaman, MCFA, asam organik (Diformates), potassium diformate (Formi), dan sodium diformate (Formi NDF).
 
Lebih lanjut Stevan menguraikan akan pentingnya struktur dan ukuran asam organik. "Molekul yang lebih kecil (panjang & massa molekulnya) dapat lebih mudah melewati membran sel bakteri Gram negatif. Untuk itu Asam formic (Formi NDF) adalah asam terbaik untuk menghentikan pertumbuhan bakteri patogen".
 
Selain itu asam formic juga diklaim dapat meningkatkan feed hygiene dengan menjaga kualitas pakan. Pada broiler dapat berefek sebagai antimikrobial yang kuat dan pada breeder bertindak mengoptimalisasi efisiensi pakan. (WK)
 

Ruang Iklan

Kurs IDR

Kurs Jual Beli
sumber: KlikBCA.com

Sentra Download ASOHI

Calculator

more...

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday90
mod_vvisit_counterYesterday244
mod_vvisit_counterThis week618
mod_vvisit_counterThis month7295
mod_vvisit_counterAll1883037